Definisi Ukhuwah dan Macamnya

shares |



Assalamua’alaikum warahmatullahi wabarokatuh ๐Ÿ’•
Bismillah..

    Seringkali kita dengar kata Ukhuwah yang sering di sandingkan dengan kata Islamiyah. 


Nah mari kita simak penjelasam berikut , apa sih itu UKHUWAH ???


UKHUWAH berasal dari Bahasa Arab dengan bentuk kata dasarnya (Masdar)   
Akhu yang berarti saudara ,termasuk di dalamnya saudara se-kandung ,se-ayah,se-ibu atau se-susuan .

UKHUWAH merupakan salah satu ajaran islam mnegenai konsep persudaraan.dalam keterikatan Hak & Jiwa,satu sama lain dengan ikatan akidah.


Pentingnya menjaga dan memelihara ukhuwah juga di ajarkan oleh rasulullah SAW 


“Orang mukmin itu bagiakan satu jasad atau bagaikan bangunan yang saling mengukuhkan” (Bukhari dan Muslim)


Jika di ibaratkan menjadi sebuah satu jasad yang ketika salah satu  anggota tubuh  terluka maka anggota tubuh yang lainnya kan merasakan sakit juga.


Jika di baratkan menjadi sebuah bangunan yang saling menguatkan , maka sudah kewajiban sesama muslim untuk saling menguatkan dan menjadi Reminder terbaik bagi satu dengan yang lainnya agar dapat kuat bersama sama melewati rintangan yang akan menghadang dalam perjalanan hidup.


Dalam Hadis lainnya Rasulullah bersabda:


“orang islam itu satu sama lain bersaudara “ (HR.Abu Dawud)


Perbedaan yang terdapat di antara manusia,seperti fisik,ideology dan sebagainya. Ketika seseorang menyatakan dirinya beriman maka perbedaan yang hakiki adalah IMAN , dan hanya dengan itulah yang dapat membedakan KITA di hadapan Allah SWT.


Macam-Macam Ukhuwah


Ukhuwah Insaniyah (Basyariyah)

Ukhuwah Insaniyah/Basyariyah merupakan bentuk persaudaraan yang berlaku pada semua manusia secara universal tanpa membedakan ras, agama, suku dan aspek-aspek kekhususan lainnya.
Persaudaraan yang di ikat oleh jiwa kemanusiaan, maksudnya kita sebagai manusia harus dapat memposisikan atau memandang orang lain dengan penuh rasa kasih sayang, selalu melihat kebaikannya bukan kejelekannya.

Ukhuwah Wathoniyah

Ukhuwah Wathoniyah merupakan bentuk persaudaraan yang diikat oleh jiwa nasionalisme tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, adat istiadat dan budaya dan aspek-aspek yang lainnya.
Mengingat pentingnya menjalin hubungan kebangsaan dilandasrkan pada Sabda Rosulullah yakni “Hubbui wathon minal iman” yang artinya Cinta sesama saudara setanah air termasuk sebagian dari iman.

Manfaat Ukhuwah

Adapun manfaat yang dapat kita ambil dari ukhuwah Islamiyah yakni :
  • Timbul sikap tolong menolong.
  • Tumbuh rasa saling memahami
  • Menimbulkan rasa tenggang rasa dantidak menzhalimi satu sama lain.
  • Terciptanya solidaritas yang kuat antara sesame muslim
  • Terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa
  • Terciptanya kerukunan hidup antara sesama warga masyarakat.

Dasar Hukum Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadist yakni pada QS. Al-Hujrat ayat 10 dan QS. Ali Imran Ayat 103 serta pada Hadist Bukhari dan Muslim
QS. Al-Hujrat ayat 10
 ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْู…ًุคْู…ِู†ُูˆْู†َ ุฅِุฎْูˆَุฉٌ ูَุฃَุตْู„ِุญُูˆْุง ุจَูŠْู†َ ุฃَุฎَูˆَูŠْูƒُู…ْ ูˆَุงุชَّู‚ُูˆْุง ุงู„ู„ู‡َ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُุฑْุญَู…ُูˆْู†َ

“Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS al-Hujurat :10).

QS. Ali Imran Ayat 103
 ูˆุงَุนْุชุตِู…ُูˆุงْ ุจِุญَุจْู„ِ ุงู„ู„ู‡ ุฌَู…ِูŠْุนًุง ูˆَู„ุงَ ุชَูَู€ุฑَّู‚ูˆُุง ูˆَุงุฐْ ูƒู€ُุฑُูˆ ู†ِุนْู…َุชَ ุงู„ู„ู‡ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุฅٍุฐْูƒُู†ْุชُู…ْ ุฃَุนْู€ุฏَุงุกً ูَุฃَู„َّูَ ุจَูŠْู†َ ู‚ُู„ู€ُูˆุจِูƒُู…ْ ูَุฃَุตْุจَุญْุชُู…ْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุฅِุฎْูˆَุงู†ًุง

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allaah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara.” (QS. Ali Imran :103).
HR. Bukhari dan Muslim
 ู…َุซَู„ُ ุงู„ْู…ُุคْ ู…ِู†ِูŠู†َ ูِู‰ ุชَูˆَ ุงุฏَّู‡ِู…ْ ูˆَ ุชَุฑَุงุญُู…ِู‡ِู…ْ ูˆَ ุชَุนَุงุทُูِู‡ِู…ْ ู…َุซَู„ُ ุงู„ْุฌَุณَุฏِ ุฅِุฐَุง ุงุดْุชَูƒَู‰ ู…ِู†ْู‡ُ ุนُุถْูˆٌุชَุฏَุงุนَู‰ ู„َู‡ُ ุณَุง ุฆِุฑُ ุง ู„ْุฌَุณَุฏِ ุจِุง ู„ุณَّู‡َุฑِ ูˆَุง ู„ْุญُู…َّู‰

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah bagaikan satu jasad, jika salah satu anggotanya menderita sakit, maka seluruh jasad juga merasakan (penderitaannya) dengan tidak bisa tidur dan merasa panas.” (HR. Bukhari dan Muslim).
HR. Bukhari dan Muslim
ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ُ ุฃَุฎُูˆ ู„ْู…ُุณْู„ِู…ِ ู„َุงูŠَุธْู„ِู…ُู‡ُ ูˆَู„َุง ูŠُุณْู„ِู…ُู‡ُ ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูِู‰ ุญَุง ุฌَุฉِ ุฃَุฎَูŠَู‡ِ ูƒَุงู†َ ุงู„ู„ู‡ُ ูِู‰ ุญุง ุฌَุชِู‡ِ ูˆَู…َู†ْ ูَุฑَّุฌَ ุนَู†ْ ู…ُุณْู„ِู…ٍ ูƒُุฑْุจَุฉً ูَุฑَّุฌَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ูƒُุฑْุจَุชً ู…ِู†ْ ูƒุฑَุจِ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ูˆَู…ู†ْ ุณَุชَุฑَ ู…ُุณْู„ِู…ًุง ุณَุชَุฑَู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉ

“Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak akan menganiayanya dan tidak akan menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa ada didalam keperluan saudarany amaka Allah ada didalam keperluannya. Barangsiapa menghilangkan suatu kesukaran dari orang muslim, maka Allaah akan menghilangkan satu kesukaran-kesukaran yang ada pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allaah akan menutupu (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar